Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Smart Mom Ririn Suseno Mengajak Anak Beraktivitas Di Momen Lebaran

Posted on 14 September 2017, 04:34 AM
Tips Smart Mom Ririn Suseno Mengajak Anak Beraktivitas Di Momen Lebaran

Libur puasa dan lebaran kali ini bersamaan dengan pindahku ke divisi baru di kantorku. Pekerjaan yang menumpuk membuat aku tidak bisa menemani mereka berlibur ke tempat wisata. Aku berpikir keras mencari kegiatan apa yang seru dan asyik buat mereka selama liburan ini, masalahnya kalau tidak dibuat sibuk, mereka akan sibuk sendiri sepanjang liburan dengan game dan smartphone masing-masing, benar-benar tidak sehat dan mubadzir waktu menurutku. Hmmm... Enaknya diajak apa, ya? Suatu kegiatan yang bisa dilakukan di rumah tapi tidak membosankan.

Kemarin sore jelang buka puasa, aku duduk di teras sambil buka-buka email di laptop. Tidak sengaja mataku menatap sederetan polybag besar yang isinya aneka macam bibit tanaman buah. Setiap polybag berisi sekitar 5 atau 6 pohon mungil yang panjangnya sekitar 30cm. Aku jadi ingat sejak beberapa bulan lalu, aku berinisiatif menanam biji buah-buahan yang aku beli. Ada alpukat, durian, jambu, mangga, dll. Selama ini aku hanya merawat biji-biji itu tanpa sadar sekarang sudah tumbuh menjadi pohon-pohon mungil yang banyak sekali. 

Akhirnya aku dapat ide. Aku ajak anak-anak membeli pot-pot kecil dan memindahkan setiap pohon mungil di polybag ke dalam pot, ditambah media tanah, diberi pupuk, disiram, dan di atas tanah diberi hiasan batu-batu kecil warna warni. Aku ajak anak-anak berbagi, dengan menyerahkan pot berisi pohon buah mungil itu ke siapapun yang mereka suka, teman, tetangga, saudara. Syaratnya, pohon-pohon tersebut harus dirawat dengan dengan baik. Ternyata sambutan mereka antusias sekali, karena siapapun yang diberi biasanya akan bertanya ini pohon apa. Anak-anak pun akan menjawab, “Rahasia.. Kalau mau tahu jawabnya, rawatlah dengan baik pohon ini.”

Semenjak itu, tiap pulang kerja aku lihat anak-anak sering sibuk dengan tanaman-tanaman kecilnya. Mereka berkali-kali memintaku membeli pot dan batu kecil warna-warni yang baru. Mereka  pun akan kembali asyik memindahkan, memberi pupuk, menyiram dan menghias. Ternyata, anak-anak tengah menyusun sebuah rencana. Mereka akan membagikan pohon-pohon tersebut akan dibagikan ke saudara-saudara di Hari Raya Idul Fitri. Sebagai ibu, aku bangga melihat anak-anakku begitu mencintai tanaman. Terbayar sudah usaha untuk mencuci tumpukan cucian selama mereka rajin berkebun.

Noda tanah dan pupuk memang selalu kutemukan di baju mereka, tetapi untungnya aku memakai deterjen Attack Maximizer, sehingga pakaian mereka jadi bersih cemerlang sampai ke serat kain.

Selamat berkebun, Anak-anak! Mama dan Attack mendukung niat baik kalian.

Prev Post

Cara Mudah Melatih Anak Untuk Berteman

Next Post

Meningkatkan Quality Time Keluarga Di Tengah Padatnya Aktivitas

SHARE TO