Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Trik Menghadapi Si Kecil yang Selalu Cari Perhatian

Posted on 12 July 2019, 03:41 PM
Trik Menghadapi Si Kecil yang Selalu Cari Perhatian

Ada kalanya Si Kecil merengek atau tidak mau menuruti aturan yang sudah dibuat. Smart Mom harus tetap tenang karena bisa jadi ini adalah usaha Si Kecil untuk mencari perhatian. Lalu, apa yang harus Smart Mom lakukan saat Si Kecil mulai mencari perhatian? Berikut ini cara untuk menghadapinya. 

Jangan Meluapkan Kemarahan 

Salah satu hal yang perlu Smart Mom lakukan saat Si Kecil mencari perhatian adalah dengan tetap tenang. Jangan sampai terpancing untuk meluapkan kemarahan kepada Si Kecil. Selain itu, jangan memberikan hukuman kepada Si Kecil. Hal ini sangat umum terjadi hingga Si Kecil berusia 5 tahun. Si Kecil tidak terlalu paham apa yang dilakukannya. Si Kecil hanya ingin Smart Mom menuruti kemauannya. 

Diamkan 

Saat Smat Mom mulai kesal karena Si Kecil tidak terkendali, maka ada baiknya Smart Mom meninggalkan atau mendiamkan selama beberapa waktu. Tenangkan hati dan pikiran agar tidak sampai meluapkan emosi kepada Si Kecil. Di sisi lain, Si Kecil pun punya waktu untuk menenangkan dirinya. Jika mulai tenang, mulailah untuk membujuk Si Kecil lagi agar tidak merengek. 

Jangan Selalu Menuruti Apa yang Diminta Si Kecil 

Merengek, merajuk, atau marah adalah salah satu cara Si Kecil untuk mencari perhatian, khususnya saat meminta sesuatu. Walaupun tidak tega, Smart Mom tetap tidak boleh selalu menuruti apa yang diminta oleh Si Kecil. Ada baiknya Smart Mom berdiskusi dengan Si Kecil agar tidak merengek lagi. Kalau pun Smart Mom harus mengabulkan permintaan Si Kecil, ajukan syarat tertentu yang positif. Ini akan membuat Smart Mom tidak kehilangan kendali terhadap Si Kecil.

Sesekali mengabulkan permintaan Si Kecil memang tidak masalah tetapi jika terus menerus dilakukan, karena akan menjadi sebuah kebiasaan yang buruk. Si Kecil akan selalu merengek saat meminta sesuatu dan semakin lama akan semakin susah untuk dikendalikan. Selain itu, Si Kecil akan cenderung lebih nakal dan susah di atur saat beranjak dewasa nanti. 

Ajarkan Si Kecil untuk Memilih 

Hal ini bisa dilakukan saat Smart Mom ingin mengabulkan permintaan Si Kecil. Berikan pilihan kepada Si Kecil sebelum mengabulkan permintaannya. Jangan menyerah saat Si Kecil merengek karena tidak setuju dengan pilihan tersebut. Jika Smart Mom tidak ingin mengabulkan permintaannya, berikan alasan yang mudah dipahami Si Kecil sembari menenangkannya untuk berhenti merengek.  

Jadi, jangan mudah menyerah saat Si Kecil merengek atau menangis meminta perhatian. Ada baiknya melakukan trik di atas agar hal buruk tersebut tidak menjadi kebiasaan. Selain itu, Smart Mom mengubah kebiasaan tersebut dengan cara yang lebih baik.

Prev Post

Si Kecil Dekat dengan Pengasuh. Perlukah Smart Mom Cemburu?

Next Post

Cara Cermat dan Hemat Belanja Perlengkapan Sekolah Si Kecil

SHARE TO