Yuk berbagi inspirasi dan tips menarik bersama Smart Mom lainnya!

Hai Smart Mom, punya pertanyaan, tips atau cerita?

Login untuk memberikan pertanyaan/diskusi di sini.

by Edwin Aldrin Tan (@buah.meditasi), Yoga and Mindfulness Teacher

Kehidupan sebagai ibu rumah tangga memang tidak gampang, seringkali kali Smart Mom dituntut untuk multi-tasking. Belum beres kerjaan yang satu, kerjaan lainnya menyusul, ya kan? Dengan melakukan multi-tasking, pikiran kita dengan cepat pindah dari satu hal/aktivitas ke hal/aktiivitas lainnya, apabila multi-tasking ini dilakukan terus-menerus akan membuat fisik kita gampang lelah dan juga mempengaruhi kesehatan mental Smart Mom, seperti jadi cepat cemas, marah dll. Berlatih mindfulness adalah salah satu solusi untuk hidup lebih positif dan bahagia.
Apa sih Mindfulness itu?

Mindfulness artinya memperhatikan, tapi memperhatikan objek tertentu yang ada pada saat ini dengan disengaja dan tidak langsung menghakimi/melakukan penilaian sendiri.
Nah sekarang bagaimana sih Smart Mom bisa menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari apalagi buat Smart Mom yang sibuk dan tidak punya waktu untuk latihan meditasi atau teknik mindfulness tradisional lainnya.

Biasanya dalam teknik mindfulness tradisional, Smart Mom diajarkan untuk melatih mindfulness sambil duduk dengan mata tertutup atau yang namanya meditasi. Di jaman modern ini, Smart Mom bisa menerapkan langsung sambil beraktivitas dan dimana saja lho! Gimana sih caranya? Benerin dulu napasnya yuk! Karena latihan pernapasan dan juga mengamati napas adalah salah satu cara untuk berlatih mindfulness yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun

Yuk belajar napas perut/diafragma. Ini banyak orang lupakan, tapi sangat penting karena merupakan fondasi dari latihan mindfulness. Selama ini karena ritme yang sangat cepat Smart Mom kadang menggunakan napas dada dan otot leher sehingga sering tegang di leher dan bahu.

Yuk coba Langkah-langkah ini:
1. Duduk tegak, leher, bahu dan seluruh badan rileks
2. Istirahatkan lembut ujung lidah Smart Mom di langit2 mulut atau di belakang gigi atas
3. Satu tangan ditempatkan di dada dan satu tangan lainnya ditempatkan di perut
4. Nafas pelan dan lembut dari hidung selama 4 detik dan rasakan perut mengembang
5. Nafas pelan dan Panjang dari hidung selama 6 detik dan rasakan perut mengempis
6. Ulangi no 4 dan 5 sebanyak 6 kali lagi sampai Smart Mom benar-benar relaks

Latihan ini bisa dilakukan di pagi hari atau kapanpun Smart Mom membutuhkan ketenangan dan pikiran yang positif
Nah apa sih manfaat mindfulness buat Smart Mom?

- Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih sehat dan ga gampang sakit
- Menjaga diri dari pengaruh negatif lingkungan maupun media sosial
- Menurunkan stres, beban pikiran, dan emosi negatif
- Meningkatkan konsentrasi sehingga bisa lebih produktif
- Meningkatkan kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan diri sendiri , contohnya bisa membina relasi yang sehat dan kasih sayang (keluarga, suami, anak)
Intinya semua manfaat tersebut bisa membuat hidup Smart Mom lebih sehat secara holistik/lahir batin dan keluargapun menjadi lebih Bahagia.

Untuk lebih jelasnya, yuk ikutan Webinar Zoom Class Smart Mom Club "Tetap Sehat dan Bahagia dengan Mindful Lifestyle" bersama Praktisi Kesehatan Holistik Reza Gunawan dan Ivy Batuta sebagai moderator. Minggu, 28 Maret 2021 jam 16.00 – 18.00 WIB, kunjungi bit.ly/webinarSMC untuk informasi selengkapnya ya!

Ikutan Sekarang

AI SITI LISMA 1 bulan lalu
share
Agama saya Islam saat beribadah Sholat kadang Hati Dan pikiran ke mana-mana alias tidak Khusyu. Apakah itu Ciri Dari kurang mindfulness juga Karena tidak menyadari Diri sedang berhadapan dg Tuhan?

Agama saya Islam saat beribadah Sholat kadang Hati Dan pikiran ke mana-mana alias tidak Khusyu. Apakah itu Ciri Dari kurang mindfulness juga Karena tidak menyadari Diri sedang berhadapan dg Tuhan? read more

nia kurniawati 2 bulan lalu
share
sebagai full mon dengan dua anak balita dengan jarak yang berdekatan , saya sangat di tuntut untuk jadi super mom , kerjaan rumah dan ngurus anak dan suami , cukup melelah kan dan menguras emosi . melakukan mindfukness apakah ada jam jam tertentu ? apa bisa di lakukan seluang nya kita ? karna jujur waktu luang ku hanya kekita anak anak tidur malam , karna saat siang anak tidur pekerjaan rumah menanti .

sebagai full mon dengan dua anak balita dengan jarak yang berdekatan , saya sangat di tuntut untuk jadi super mom , kerjaan rumah dan ngurus anak dan suami , cukup melelah kan dan menguras emosi . mel... read more