Tips Bersih Memiliki Hewan Piaraan di Rumah

June 5 2017 - 13.24

Sangat umum disekitar kita untuk mempunyai hewan peliharaan atau di rumah, biasanya adalah hewan yang jinak sehingga bisa dipelihara, disayang dan tidak berbahaya. Hewan paling umum yang biasa dipelihara adalah kucing, anjing dan burung. Namun ketika mempunyai hewan peliharaan, kita dituntut untuk mempunyai tanggung jawab merawat. Tidak lantas menelantarkan dan membiarkannya, Menelantarkan hewan peliharaan juga akan menimbulkan penyebaran penyakit dari hewan ke manusia.

 

Smart Mom, ketika memelihara hewan ada hal-hal yang secara khusus harus kita perhatikan. Karena binatang yang kita pelihara juga memerlukan perawatan yang baik agar bisa tumbuh, sehat dan tidak terjangkit penyakit. Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan diantaranya makan, kandang, perlakuan kita terhadapnya, juga kondisi kesehatan.

 

Beberapa hewan piaraan membutuhkan kandang, seperti pengerat semacam hamster dan marmut. Beberapa orang juga memberi kandang kepada anjing dan kucingnya agar tidak buang air besar sembarangan, idealnya kandang yang baik untuk hewan peliharaan adalah yang jauh dari kebisingan. Memang setiap hewan memiliki tingkat sensitif terhadap kebisingan yang berbeda. Semisal kelinci, mereka adalah binatang yang sangat mudah stres ketika berada di tengah-tengah kebisingan. Ketika membuat kandang permudah hewan untuk membuang kotoran, kandang bisa diberi lubang atau tempat khusus untuk membuang kotoran.

 

Bahan untuk membuat kandang harus diperhatikan supaya tidak berbahaya untuk hewan yang kita pelihar. Usahakan menggunakan bahan bahan alami untuk mereka, semisal kayu. Penempatan kandang harus mempertimbangkan habitat hewan peliharaan kita. Untuk hewan yang tidak suka terkena sinar matahari langsung, tempatkan kandang ditempat teduh, begitu pula sebaliknya.

 

Salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk kesehatan binatang peliharaan adalah kondisi kebersihan kandang. Luangkan waktu untuk membersihkan kandang hewan secara berkala, minimal 2 minggu sekali. untuk hewan khusus seperti burung, ikan kalian perlu 1 minggu sekali membersihkan kandangnya.

 

Membersihkan kandang sendiri tergantung dengan hewan yang kita pelihara. Jadi sesuaikan dan pastikan setiap hari untuk mengecek keadaan kandang. Jika dirasa kotor dan bau segera bersihkan saat itu juga. Lihat juga jika nampak terdapat kerusakan parah pada kandang segera perbaiki.

 

Selain kandang, perawatan terhadap hewan peliharaan juga harus dipikirkan, terutama bagian bulu dan kuku. Semisal kucing, mereka harus dipotong bulunya dalam 4 bulan sekali untuk membantu pertumbuhan bulu barunya. Jika memelihara kelinci maka kuku kelinci juga harus diperhatikan. Periksalah anggota tubuh binatang peliharaan, dari mata, telinga, mulut, hidung dan juga lubang pembuangan. Pastikan selalu dalam kondisi bersih dan tidak terlihat kusam. Jika kotor bersihkan, jika ada tanda-tanda penyakit bawa ke dokter untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan.

 

Mandikan hewan peliharaan, jika bulu terlihat mulai kusam. Juga agar binatang peliharaan kamu selalu terjaga kebersihannya. Gunakan sabun mandi khusus untuk hewan demi menjaga keindahan bulunya. Jika kamu memelihara burung berikan multivitamin khusus secara teratur supaya kicauannya tetap indah. Pemberian multivitamin pada binatang juga untuk menjaga agar tidak mudah jatuh sakit.

posted June 5 2017 - 13.24