Tips Menghadapi Anak Dilema Masa Depan

June 5 2017 - 13.27

Anak, spesifiknya yang sedang menempuh jenjang SMP dan SMA pasti sedang mengalami fase bingung-bingungnya dalam menghadapi masa depan, pasti mereka banyak memikirkan cita-cita mereka. Memilih ingin kuliah dimana dan jurusan apa adalah pertanyaan yang umum untuk umur-umur mereka. Smart Mom pasti ingin anak menjadi orang yang sukses apalagi dapat menggapai kesuksesannya lewat cita-cita mereka yang sesuai dengan bakat mereka.

 

Kita, sebagai orang tua berperan besar untuk membantu anak mencapai impiannya. Seringkali terjadi miskomunikasi antara kita dan anak adalah ketika penyampaian positif kita untuk si anak malah mengantarkan kita kepada pertengkaran dengan anak karena kita yang salah dalam menyampaikannya, kadang kita menyampaikan kepada mereka dengan nada yang agak tinggi atau memberikan saran yang agak berbeda dengan yang diinginkan oleh anak, namun berujung anak menganggap kita tidak mendukung cita-cita mereka, hal tersebut dapat menjadi sumbu pertengkaran antara kita dan anak.

 

Yang kita harus sadari sebagai seorang Ibu adalah, anak dalam fase tersebut sedang mengalami emosi yang naik turun karena kebingungannya dalam perubahan fase hidupnya. Smart Mom harus menurunkan ego untuk dapat berbicara dengan mereka dan tentunya jika kita merasa apa yang diinginkan anak tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, bicaralah dengan baik-baik dan usahakan tidak menggunakan kalimat negatif.

 

Untuk membimbing anak yang sedang dilema masa depan, hal pertama yang harus kita pikirkan adalah apa yang sebenarnya anak gemari, dan tanyakan apa cita-cita anak. Apakah antara cita-cita anak dan dan apa yang mereka gemari cocok?, kemudian bawa anak untuk melakukan tes bakat agar terlihat minat dan bakat anak lebih condong kemana.

 

Jika anak kebingungan apa yang ia inginkan untuk masa depan mereka, berikan gambaran umum tentang beberapa profesi, berikan anak artikel-artikel mengenai seseorang yang sukses di beberapa profesi agar anak menjadi termotivasi.

 

Smart Mom jangan pernah khawatir jika anak condong kepada otak kanan atau lebih berbakat di bagian kesenian. Mungkin beberapa tahun kebelakang anak-anak yang memiliki hobby seni dipandang sebelah mata karena dianggap tidak dapat memiliki masa depan yang sukses, namun di zaman sekarang seni telah berkembang dan terbukti memiliki masa depan yang baik di Indonesia maupun di dunia Internasional.

 

 

Intinya adalah, selama cita-cita anak adalah baik dan sekiranya memang sesuai dengan kemampuan dan bakat anak, dukunglah mereka dengan baik karena dukungan kita sebagai orang tua sangat membantu mereka untuk menentukan pilihan mereka.

posted June 5 2017 - 13.27