Seringkali Marah Kalau Lagi Stress? Simak 3 Tips Berikut!

August 18 2017 - 15.31

Stress dapat timbul dari mana saja. Seringkali ketika kita stress kita menjadi sulit untuk mengendalikan emosi kita dan menjadi marah. Smart Mom tentunya mengetahui bahwa marah bukanlah hal yang baik apalagi jika sampai mengeluarkan kata-kata dan tindakan yang kasar kepada keluarga, teman, ataupun rekan kerja. Agar dapat lebih mengendalikan emosi kita simak yuk tips berikut ini!

 

1. Menenangkan Diri

Saat kita marah, kita akan sulit untuk berpikir jernih dan cenderung melakukan suatu hal dengan spontan. Maka dari itu, kita harus menenangkan diri kita dengan cara menarik napas dalam-dalam dan fokuskan pikiran pada napas kita dan bayangkan hal-hal yang dapat membuat tenang, ulang beberapa kali dan amarah kita pun dapat berkurang sedikit demi sedikit. Selain itu, Smart Mom juga dapat mengalihkan perhatian kepada hal-hal lain seperti meninggalkan ruangan atau melihat gambar-gambar yang kita gemari dalam telepon genggam.

 

2. Ingat Dampak Dari Marah

Ingatlah dampak negatif yang akan terjadi jika Smart Mom tidak bisa melawan amarah. Relasi kita bisa rusak dan hal yang tidak diinginkan bisa terjadi, jika kita sampai mengeluarkan kata-kata kasar atau berbuat kekerasan kepada lawan bicara kita. Contohnya jika kita marah dan berkata kasar kepada anak kita, hal tersebut dapat berbekas kepada anak dan dapat mengganggu perkembangan psikisnya.

 

3. Berolahraga

Cara lain yang bisa Smart Mom lakukan untuk mengatasi emosi adalah berolahraga seperti jogging, yoga, berenang dan sebagainya. Apapun jenisnya, olahraga bisa menstimulasi zat-zat kimia dalam otak yang membuat kita lebih rileks dan bahagia. Selain itu, olahraga akan menguras energi secara positif sehingga melenturkan ketegangan syaraf.

posted August 18 2017 - 15.31