Mencuci Pakaian Dengan Mudah Dan Hasil Maksimal

July 14 2016 - 14.56

Kebiasaan hidup bersih dimulai dari kegiatan sehari-hari di rumah. Baju bersih tentu penting, namun banyak yang merasa mencuci pakaian adalah hal yang rumit. Mencuci dengan tangan maupun mesin cuci pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah.

Terbayang kan, jika Smart Mom dan anggota keluarga memakai baju yang tidak dicuci bersih? Tentu menjalani aktivitas sehari-hari tidak akan nyaman, bukan?

Mencuci pakaian adalah salah satu kegiatan rutin dalam rumah tangga. Jika dulu Smart Mom mencuci dengan tangan, sekarang dengan kemudahan teknologi, Smart Mom lebih mengandalkan mesin cuci dalam kegiatan mencuci baju. Dengan mesin cuci, semua bisa lebih cepat dan efisien. Namun, ada kalanyanya mesin cuci juga bisa rusak kan, Smart Mom? Mau tidak mau, Smart Mom harus kembali menggunakan tangan saat hendak mencuci. Sebenarnya mencuci dengan tangan tidaklah repot. Simak tips berikut ini, yuk Smart Mom!

 

Langkah pertama, pastikan wastafel selalu bersih. Kemudian tutup lobang wastafel dan penuhi dengan air hangat. Kemudian, pisahkan pakaian putih dari pakaian berwarna agar tidak terkena lunturan warnanya. Tuangkan ke deterjen dalam air secukupnya, lalu masukkan pakaian kotor satu per satu agar sabun terdistribusi secara merata.

Terkadang jika pakaian sudah sangat kotor, Smart Mom ingin merendam semalaman. Justru langkah ini salah, Bu. Jangan merendam pakaian terlalu lama Cara praktis adalah gosokkan sabun langsung pada noda pakaian, kemudian sikat. Lalu, bilas dan peras secara perlahan.

Saat menjemur, kebiasaan kita adalah menggantung pakaian. Hindari juga hal ini ya Smart Mom, karena gantungan baju bisa menarik serat pakaian. Jemur dengan membaringkan di permukaan datar yang bagian atas dan bawahnya diletakkan handuk putih. Hal ini dilakukan agar kotoran bisa terserap dalam handuk.

Jika mencuci dengan mesin cuci, bisa jadi kita terkesan memasukkan semua jenis pakaian ke dalam mesin cuci. Padahal, ini bisa membuat mesin cuci gampang rusak. Hal yang harus disadari adalah beda bahan pakaian, beda juga aturan mencucinya. Oleh karena itu, pisahkan pakaian menurut jenisnya. Misalnya, untuk pakaian jeans, Smart Mom cukup memasukkan 5-7 potong agar mesin tidak rusak karena jenis bahannya sudah cukup berat.

Hidup bersih memang harus dimulai dari rumah, dan Smart Mom bisa memulainya dari aktivitas sehari-hari seperti mencuci pakaian. Selamat mencuci, Smart Mom!

posted July 14 2016 - 14.56