Pentingnya Rutin Mengganti Seprei dan Sarung Bantal

June 5 2017 - 13.17

Ingatkah kapan Smart Mom terakhir mengganti dan mencuci seprei dan sarung bantal? Mengganti seprei dan sarung bantal itu penting lho Smart Mom, setiap harinya kulit manusia mengalami pergantian sel-sel kulit mati. Proses pergantian sel kulit mati dengan yang baru biasanya terjadi di malam hari. Meskipun tidak terlihat, sel-sel kulit mati yang rontok bisa menempel dan tertinggal di tempat tidur. Selain itu ketika kita tidur, tubuh juga mengeluarkan keringat yang membuat seprei lembab. Sel kulit mati, keringat dan permukaan yang lembab merupakan tempat favorit kuman, kutu dan bakteri berkumpul.Meskipun tidak terlalu membahayakan, kutu atau serangga yang bersarang di tempat tidur mengeluarkan kotoran yang menjadi pemicu alergi. Akibatnya mata bisa merah dan gatal-gatal, peradangan pada hidung hingga asma.

 

Belum lagi bagi Smart Mom yang gemar ngemil di tempat tidur dan meninggalkan sisa makanan di atasnya. Kotoran tersebut jika dibiarkan akan menumpuk bisa menimbulkan alergi dan gangguan kesehatan lho. Cara menghilangkan kotoran tersebut adalah dengan mengganti dan mencuci seprei secara teratur. Menumpuknya kotoran dan sel kulit yang terlepas di seprei kasur akan mengganggu kesehatan Smart Mom dan keluarga. Untuk mencegahnya gantilah dengan mencuci sprei kasur anda secara rutin.

 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa rata-rata orang mengganti seprei dan sarung bantalnya selama sebulan sekali, dan paling cepat 2 minggu sekali. Penelitian berikutnya dilakukan oleh seorang ahli mikrobiologi yang merekomendasikan untuk mengganti seprei dan sarung bantal minimal seminggu sekali.

 

Mencuci seprei dan sarung bantal baiknya menggunakan air panas dengan suhu 60 derajat Celcius karena air panas berfugsi membunuh kuman dan mencegahnya bermukim pada kain. Rendamlah seprei dan sarung bantal menggunakan Attack Clean Maximizer, Detergent konsentrat anti kuman dan bebas noda.

 

Kemudian jemur seprei dan sarung bantal  langsung di bawah matahari jika memungkinkan, karena cahaya matahari efektif membunuh mikroorganisme. Setrika juga dengan suhu panas (sekitar 100 derajat Celcius) untuk membunuh kuman yang masih tertinggal setelah pencucian.

 

Smart Mom, mulai sekarang jangan malas mencuci seprei dan sarung bantal ya!, agar Smart Mom dan keluarga dapat tidur dengan nyenyak dan sekaligus terhindar dari penyakit-penyakit yang diakibatkan dari bakteri yang bersarang di tempat tidur.

posted June 5 2017 - 13.17